Minggu, 18 Desember 2011

perbedaan menggunakan write dan writeln, read dan readln.


2.7. Menampilkan Data dengan write dan writeln.

Perintah write/writeln adalah perintah untuk mencetak data  ke layar. Perbedaan dari keduanya adalah perintah write digunakan untuk mencetak data ke layar tanpa berganti baris setelahnya. Sedangkan perintah writeln digunakan untuk mencetak data ke layar dengan berganti baris setelahnya.
Adapun bentuk penulisannya :
Write(’tulisan’);
Write(variable);

Jika yang ingin dicetak hanya tulisan biasa maka diberi tanda petik (’ ’) tapi jika yang ingin dicetak adalah nilai dari suatu variabel maka tidak perlu diberi tanda petik (’ ’).
Write dan writeln punya kekhususan pada penulisan tipe data real misal pada contoh diatas :
Writeln(’Luas lingkaran = ’,luas:12:3);

Perintah diatas maksudnya akan menampilkan nilai dari variabel luas dengan 12 angka di depan koma dan 3 angka di belakang koma. Jika ada angka 0 di depan nilai tidak dianggap atau tidak dituliskan sehingga dengan kata lain jika 12 kita ganti dengan angka lain tidak ada bedanya. Jadi yang berpengaruh hanya angka dibelakang koma. Tapi tetap saja penulisannya harus seperti diatas. Sekali lagi kekhususan ini hanya untuk kumpulan variabel beritpe data real.

Untuk mencetak pada posisi x,y layar, digunakan perintah GOTOXY baru setelah itu digunakan perintah write. Untuk dapat menggunakan perintah ini program harus melibatkan unit standar Crt. (Diberi tulisan uses crt; dibawah tulisan program).

Bentuk Umum
Gotoxy(Xpos, Ypos);

2.8. Menerima Masukan dengan read dan readln.

Prosedur read dapat digunakan untuk menerima masukan dari keyboard. Tiap-tiap data yang dimasukkan harus sesuai dengan tipe variabelnya. Prosedur readln untuk memasukkan data perbaris, artinya setelah ditekan maka akan ganti baris, sedangkan prosedur read tidak.

Bentuk Umum
read (nama_variabel);

Contoh:
read(bil1);
readln(bil1);
           
            Namun pada umunya antara read dan readln tidak ada bedanya jika yang dibaca satu nilai tapi apabila membaca nilai lebih dari satu dilakukan bersamaan maka akan terlihat beda read dan readln.

Contoh program pascal sederhana


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

good;
bad